Selasa, 21 Juni 2011

OTAK VS COMPUTER.....BY MICHAEL RIO ROHAN


Sepanjang sejarah, orang dibandingkan otak untuk penemuan yang berbeda. Di masa lalu, otak telah dikatakan seperti sebuah jam air dan switchboard telepon. Hari-hari ini, penemuan favorit yang otak dibandingkan adalah komputer. Beberapa orang menggunakan perbandingan ini untuk mengatakan bahwa komputer lebih baik daripada otak, beberapa orang mengatakan bahwa perbandingan menunjukkan bahwa otak lebih baik daripada komputer. Mungkin, yang terbaik adalah untuk mengatakan bahwa otak lebih baik dalam melakukan beberapa pekerjaan dan komputer lebih baik dalam melakukan pekerjaan lain.
Mari kita lihat bagaimana otak dan komputer adalah sama dan berbeda.

Otak vs Komputer: Persamaan dan Perbedaan

Kesamaan
jelas
Perbedaan
jelas

Keduanya menggunakan sinyal listrik untuk mengirim pesan.
Otak menggunakan bahan kimia untuk mengirimkan informasi; komputer menggunakan listrik. Meskipun listrik sinyal perjalanan pada kecepatan tinggi dalam sistem saraf , mereka melakukan perjalanan lebih cepat melalui kabel di komputer.
jelas

Keduanya mengirimkan informasi.
Sebuah komputer menggunakan switch yang on atau off ("binary"). Dengan cara, neuron di otak yang on atau off baik oleh menembakkan suatu potensial aksi atau tidak menembak potensial aksi. Namun, neuron lebih dari sekedar on atau off karena "rangsangan" dari neuron selalu berubah. Ini karena neuron selalu mendapatkan informasi dari sel-sel lain melalui kontak sinaptik. Informasi perjalanan melintasi sinaps TIDAK selalu menghasilkan suatu potensial aksi. Sebaliknya, informasi ini mengubah kesempatan yang potensial aksi akan diproduksi dengan menaikkan atau menurunkan ambang neuron.

Keduanya memiliki memori yang dapat tumbuh.
Memori komputer tumbuh dengan menambahkan chip komputer. Kenangan di otak tumbuh dengan koneksi sinaptik yang lebih kuat.

Keduanya dapat beradaptasi dan belajar.
Adalah jauh lebih mudah dan lebih cepat bagi otak untuk belajar hal baru. Namun, komputer dapat melakukan tugas-tugas kompleks pada saat yang sama ("multitasking") yang sulit untuk otak. Misalnya, mencoba menghitung mundur dan mengalikan 2 angka pada waktu yang sama. Namun, otak juga melakukan beberapa multitasking menggunakan sistem saraf otonom . Sebagai contoh, otak mengontrol pernapasan, denyut jantung dan tekanan darah pada saat yang sama ia melakukan tugas mental.

Keduanya telah berevolusi dari waktu ke waktu.
Otak manusia telah ditimbang di di sekitar 3 pound untuk tentang 100.000 tahun terakhir. Komputer telah berkembang jauh lebih cepat daripada otak manusia. Komputer telah sekitar selama beberapa dekade, namun kemajuan teknologi yang pesat telah membuat komputer yang lebih cepat, lebih kecil dan lebih kuat.

Kedua energi perlu.
Otak membutuhkan oksigen dan nutrisi seperti gula untuk kekuasaan; komputer kebutuhan listrik untuk tetap bekerja.

Keduanya bisa rusak.
Hal ini lebih mudah untuk memperbaiki komputer - hanya mendapatkan bagian baru. Tidak ada bagian baru atau digunakan untuk otak. Namun, beberapa pekerjaan yang sedang dilakukan dengan transplantasi sel-sel saraf untuk gangguan neurologis tertentu seperti penyakit Parkinson. Kedua komputer dan otak bisa "sakit" - sebuah komputer dapat mendapatkan "virus" dan ada banyak penyakit yang mempengaruhi otak. Otak memiliki "built-in kembali sistem" dalam beberapa kasus. Jika satu jalur di otak rusak, sering ada jalur lain yang akan mengambil alih fungsi ini dari jalur yang rusak.
jelas

Keduanya dapat berubah dan diubah.
Otak selalu berubah dan dimodifikasi. Tidak ada "off" untuk otak - bahkan ketika binatang sedang tidur, otaknya masih aktif dan bekerja. Komputer hanya perubahan ketika perangkat keras atau perangkat lunak baru yang ditambahkan atau ada sesuatu yang disimpan dalam memori. Ada sebuah "off" untuk komputer. Ketika daya ke komputer dimatikan, sinyal tidak ditransmisikan.

Keduanya dapat melakukan matematika dan tugas logis lainnya.
Komputer lebih cepat dalam melakukan hal-hal logis dan perhitungan. Namun, otak lebih baik dalam menafsirkan dunia luar dan datang dengan ide-ide baru. Otak mampu imajinasi.

Baik otak dan komputer yang dipelajari oleh para ilmuwan.
Ilmuwan memahami bagaimana komputer bekerja. Ada ribuan ahli saraf mempelajari otak. Namun demikian, masih ada lebih banyak untuk belajar tentang otak "Ada lebih banyak yang TIDAK kita ketahui tentang otak, dari apa yang kita tahu tentang otak".
Daftar ini hanya menjelaskan beberapa persamaan dan perbedaan antara komputer dan otak. Dapatkah Anda memikirkan lagi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar